Operator Assignment - Belajar C++ 8

Assalamualaikum sobat, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang operator assignment (operator penugasan) pada C++. Operator assignment digunakan untuk memberikan nilai kepada sebuah variabel. misalnya :
x = 10;
kode program diatas artinya kita memasukan nilai 10 ke variabel x. Kita juga bisa memasukan nilai yang ada pada sebuah variabel ke variabel lainnya, misalnya :
a = b;
Untuk pembacaan operator assignment selalu dilakukan dari kanan ke kiri, tidak pernah sebaliknya. Artinya untuk kode program diatas kita memasukan nilai yang ada pada variabel b ke variabel a, bukan dari variabel a ke b. Karena penggunaan assignment hanya memindahkan nilai pada sebuah variabel ke variabel lain misal nilai dari variabel b ke variabel a (seperti program diatas), maka jika kita mengubah nilai variabel b setelahnya, hal itu tidak akan mempengaruhi nilai variabel a, hal itu kita bisa buktikan dengan contoh program 1 dibawah.

Contoh Program 1
Pada contoh program berikut, kita membuat dua buah variabel (x dan y), kemudian menginisialisasinya dengan sebuah angka, kemudian nilai variabel x diganti dengan nilai yang ada di variabel y, kemudian kita mencoba mengubah nilai variabel y, dan menampilkannya di console. (program ini membuktikan bahwa perubahan nilai pada variabel y tidak akan mengubah nilai di variabel x meskipun kita telah mendeklarasikan x = y)
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int x, y;    // x = ?, y = ?
    x = 9;      //  x = 9, y = ?
    y = 3;      // x = 9, y = 3
    x = y;      // x = 3, y = 3
    y = 6;     // x = 3, y = 6

    cout << "x = " << x;
    cout << "y = " << y;

return 0;
}

Contoh Program 2
Contoh program dibawah akan membuktikan bahwa untuk pembacaan assignment sendiri dibaca dari kanan ke kiri, jadi nilai variabel a, b dan c akan menjadi 3.
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int a = 1, b = 2, c = 3;
    a = b = c;

    cout << a << endl;
    cout << b << endl;
    cout << c << endl;
return 0;
}

Video Tutorial

Sekian untuk tutorial kali ini, happy a nice day. Wassalamualikum wr wb

Posting Komentar untuk "Operator Assignment - Belajar C++ 8"