Media Pembelajaran (Definisi, Kriteria, Fungsi dan Manfaat)

Definisi Media Pembelajaran

Proses mengajar adalah proses komunikasi, yang melibatkan penyampaian pesan antara pemberi pesan dan penerima pesan, di dalam komunikasi terkadang ada hambatan yang membuat pesan tidak dapat disalurkan dengan baik. Untuk meminimalkan kegagalan atau hambatan komunikasi media diperlukan sebagai alat bantu komunikasi.

Media adalah alat komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang atau dengar termasuk teknologi perangkat kerasnya (Susilana & Riyana, 2009, hlm.6). Media pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pendidik, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana pencapai pesan atau media.

Kriteria Media Pembelajaran

Kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Terdapat beberapa kriteria yang penting untuk diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yang baik, diantaranya sesuai dengan tujuan, praktis, kemudahan navigasi, pengelompokkan sasaran, dan mutu teknis (Arsyad, 2013, hlm. 74).

Media pembelajaran harus sesuai dengan tujuan, dimana mengacu setidaknya pada dua dari tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media pembelajaran haruslah praktis, luwes dan bertahan. Media pembelajaran yang dipilih tidak harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan susuatu yang sederhana namun tepat guna akan lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran yang mahal tetapi rumit. Apapun media yang dipilih, haruslah memiliki kemudahan dalam navigasi, kemudahan penggunaan media pembelajaran ini nantinya dapat memudahkan siswa terampil dalam menggunakan media pembelajaran yang dipilih. Siswa memiliki kemampuan belajar yang heterogen, antara kelompok siswa satu dengan yang lain tentu tidak akan sama, untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat disama ratakan, oleh karena itu media pembelajaran yang dipilih haruslah dikelompokkan sesuai sasaran. Pemilihan media yang akan digunakan harus memenuhi persyaratan mutu teknis tertentu, guru tidak bisa asal begitu saja dalam menentukan media pembelajaran meskipun sudah memenuhi kriteria sebelumnya, tiap produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki standar tertentu agar produk tersebut layak digunakan.

Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran

Fungsi dari media pembelajaran adalah: Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis; Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan panca indera; Menimbulkan semangat belajar, interaksi langsung antara peserta didik dan sumber belajar; Memungkinkan peserta belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori, serta kinestetiknya; Memberi stimulus yang sama, membandingkan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama (Simamora, 2008, hlm.65).

Selain itu, manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa, dapat membuat pembelajaran lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, bahan pembelajaran akan jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan, metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan dan lain-lain (Sudjana & Rivai, 1992, hlm. 2). 

Karakteristik dari suatu media pembelajaran harus selalu diperhatikan oleh para pendidik, hal ini bertujuan agar pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat dimaksimalkan, sehingga peserta didik mampu memahami maksud pelajaran dari media yang digunakan.

Referensi:
  • Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
  • Simamora, R. H. (2008). Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  • Sudjana, N., & Rivai, A. (1992). Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
  • Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.


Posting Komentar untuk "Media Pembelajaran (Definisi, Kriteria, Fungsi dan Manfaat)"