Program Pertama (Hello World) - Belajar C++ 2


Assalamualaikum sobat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sintaks c++ dari sebuah program sederhana yaitu menampilkan tulisan hello world, programnya dapat dilihat dibawah :

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}

Penjelasan Program

Berikut adalah penjelasan dari program yang kita buat :

Baris ke-1: #include <iostream> adalah preprosesor pengarah yang memberitahukan kepada kompiler untuk menyertakan kode dari file header iostream ke dalam program. iostream adalah pustaka file header yang memungkinkan kita menggunakan objek input dan output, seperti cout yang kita gunakan di baris ke-5

Baris ke-2: using namespace std; artinya kita dapat menggunakan nama objek dan variabel dari pustaka standar.

Baris ke-3: Baris kosong (C++ akan mengabaikan baris ini), baris kosong hanya digunakan untuk membuat kode lebih mudah dibaca.

Baris ke-4: int main(). kode ini disebut sebagai fungsi utama. seluruh kode yang berada di dalam kurung kurawal {} akan dieksekusi. fungsi adalah modul yang mengandung kode program untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. int disini menandakan bahwa fungsi main() ini bertipe data integer.

Baris ke-5: cout. adalah objek dari pustaka standar C++ yang berfungsi untuk mencetak teks. Dalam program ini digunakan untuk menampilkan Hello World!. Fungsi tanda << (insertion operators) adalah untuk mengatakan kepada kompiler untuk segera menghasilkan output sesuai dengan inputan anda.

Baris ke-6: return 0. digunakan untuk mengakhiri fungsi utama.

Catatan: Setiap pernyataan dalam C++ selalu diakhiri dengan titik koma ;, jika tidak maka akan terjadi error.

Video Tutorial


Sekian untuk postingan kali ini, terima kasih, wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Program Pertama (Hello World) - Belajar C++ 2"