Donasi untuk blog ini

Support Blog ini via donasi, Klik di sini .Terima kasih.

Operator Relasi - Belajar C++ 11

Assalamualaikum sobat, pada artikel kali ini kita akan belajar tentang operator relasi yang ada di C++ disertai dengan contoh program.
Operator relasi berfungsi untuk membandingkan 2 buah operand yang akan menghasilkan nilai bertipe boolean (true (1) atau false (0)). Terdapat 6 buah operator relasi yang ada di C++, yaitu :
  • sama dengan (==)
  • tidak sama dengan (!=)
  • kurang dari (<)
  • kurang dari sama dengan (<=)
  • lebih dari (>)
  • lebih dari sama dengan (>=)

Jenis-jenis Operator Relasi

Sama dengan (==)

Sintaks sama dengan (==) berfungsi untuk membandingkan apakah 2 buah operand memiliki nilai yang sama, apabila nilainya sama maka akan menghasilkan nilai true (1) dan jika nilainya berbeda maka akan menghasilkan nilai false (0).

Tidak sama dengan (!=)

Sintaks tidak sama dengan (!=) berfungsi untuk membandingkan apakah 2 buah operand memiliki nilai yang berbeda, apabila nilainya berbeda maka akan menghasilkan nilai true (1) dan jika nilainya sama maka akan menghasilkan nilai false (0).

Kurang dari (<)

Sintaks kurang dari (<) berfungsi untuk membandingkan apakah nilai operand di sisi kiri memiliki nilai yang lebih kecil dari operand yang ada di sisi kanan, apabila operand di sisi kiri nilainya lebih kecil dari operand di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai true (1) dan apabila nilai operand di sisi kiri nilainya lebih besar dari operand yang ada di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai false (0).

Kurang dari sama dengan (<=)

Sintaks kurang dari sama dengan (<=) mirip dengan sintaks kurang dari (<) namun, yang membedakannya adalah rentang dari nilai yang dibandingkannya, apabila nilai operand yang di sisi kiri nilainya lebih kecil atau sama dengan nilai operand yang ada di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai true (1) dan jika nilai operand di sisi kiri nilainya lebih besar dari nilai operand di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai false (0).

Lebih dari (>)

Sintaks lebih dari (>) berfungsi untuk membandingkan apakah nilai operand yang berada di sisi kiri nilainya lebih besar dari operand yang ada di sisi kanan, apabila nilai operand di sisi kiri nilainya lebih besar dari operand di sisi kanan maka akan menghasilkan true (1) dan apabilai nilai operand yang ada di sisi kiri nilainya lebih kecil dari nilai operand yang ada di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai false (0).

Lebih besar dari sama dengan (>=)

Sintaks lebih besar dari sama dengan (>=) mirip dengan sintaks lebih besar (>) namun yang membedakan adalah rentang nilainya, dimana jika nilai operand di sisi kiri nilainya lebih besar atau sama dengan operand di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai true (1) dan jika nilai operand di sisi kiri nilainya lebih kecil dari operand di sisi kanan maka akan menghasilkan nilai false (0).

Contoh Program

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    int a=10,b=20;

    cout << (a==b) << endl;
    cout << (a!=b) << endl;
    cout << (a<b) << endl;
    cout << (a<=b) << endl;
    cout << (a>b) << endl;
    cout << (a>=b) << endl;
    return 0;
}

Hasilnya :

Video Tutorial




Sekian untuk tutorial kali ini. Wassalamualaikum wr wb.

0 Response to "Operator Relasi - Belajar C++ 11"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel