Resep Bubur Ayam

Assalamualaikum sobat, pada artikel Kali ini Saya akan membagikan resep makanan yang disukai semua kalangan dan segala umur yakni bubur ayam, check this out...

Bahan-bahan
1 piring nasi sisa
500-1000 ml air
1 sachet santan instant
1/2 sdt garam

Bahan Kuah Kuning
250 gram Dada ayam
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
1 batang serai
1 lembar daun jeruk
1 lembar daun Salam
Garam, penyedap, dan merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap
Seledri iris tipis
Bawang goreng
Kecap Manis

Bahan Sambal
1 siung  bawang putih
10 buah cabe rawit

Langkah Pembuatan
1. Buat bubur, masak nasi sisa dengan air Dan garam sampai lembut.

2. Setelah lembut, masukkan santan, sambil diaduk aduk agar tidak gosong. Jika bubur belum lembut tapi air sudah habis tambahkan air sedikit. Jika tekstur bubur sudah sesuai dengan yang diinginkan dan rasanya sudah pas, matikan kompor dan sisihkan.

3. Untuk kuah kuning. Haluskan semua bahan bumbu kecuali serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis bumbu hingga wangi, tambahkan air, lalu didihkan, setelah mendidih masukkan dada ayam, rebus dengan api kecil, beri bumbu garam, merica, Dan penyedap rasa sesuai selera. Setelah ayam empuk dan matang, tiriskan ayamnya lalu goreng sebentar kemudian suwir suwir. Sisihkan.

4. Untuk sambalnya. Rebus dulu cabe rawit dan bawang putih hingga matang. Lalu haluskan hingga lembut dengan menambah sedikit garam.

5.Untuk penyajian. Tata bubur dalam mangkuk, siram dengan kuah kuning, taburi dengan suwiran ayam, bawang, seledri, kecap dan sambal.

Sekian untuk resep kali ini, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Resep Bubur Ayam"