Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Donasi untuk blog ini

Traktir blog ini, Klik di sini .Terima kasih.

10 Rekomendasi Merk Solder Terbaik

Kegiatan solder menyolder pasti kita lakukan apabila kita menekuni bidang elektronika, pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan beberapa merk solder yang bagus sebagai referensi.
Solder merupakan salah satu alat listrik yang digunakan untuk melelehkan timah untuk merekatkan komponen elektronika sehingga aliran listrik dapat mengalir pada komponen tersebut.

Solder mengeluarkan suhu panas pada bagian batang besi untuk melelehkan timah. Panas pada batang besi inilah yang digunakan untuk merekatkan timah dan komponen elektronika di papan PCB.

Tips Memilih Solder yang Bagus
Di bawah ini Saya akan memberikan tips cara Memilih solder yang bagus agar anda dapat menentukan pilihan solder yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Perhatikan rentang suhu dan daya operasionalnya.
Solder yang baik tentunya haruslah dapat melelehkan timah, biasanya timah yang digunakan untuk komponen elektronika akan meleleh pada suhu sekitar 180 sampai 230 derajat celsius. Itu artinya solder yang kamu beli haruslah memiliki panas yang melebihi titik leleh tersebut. Umumnya suhu solder yang dijual sekitar 260 hingga 350 derajat celcius, dan ada solder yang dapat diatur tingkat panasnya, intinya solder yang dibeli haruslah dapat mempertahankan panas yang konstan diatas titik leleh timah, agar komponen elektronika yang disolder tidak rusak karena panas yang berlebih.

2. Ketahui Bentuk Dan Jenis Tip Soldernya
Elemen panas diujung besi solder merupakan bagian dari besi yang berfungsi mengalirkan energi panas ke benda yang disolder. Elemen besi Inilah yang sering diganti karena lebih mudah hangus dibanding benda lainnya. Kalian harus memastikan bahwa ujung solder tersebut mudah dibeli dan diganti ketika kerusakan terjadi pada komponen ini. Ujung solder juga memiliki banyak bentuk dan ukuran yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bentuk yang paling umum adalah bentuk pahat, sendok mini, kuku, dan ujung kerucut.

3. Perhatikan bentuk pegangannya
Ketika memilih solder perhatikanlah bentuk pegangannya, karena jika pegangannya nyaman maka hasilnya akan baik pula, disarankan untuk membeli solder yang ada silikonnya pada pegangannya, solder juga ada yang bentuknya seperti pistol, jika lebih suka bentuk pistol perhatikanlah bentuk ujungnya.

4. Ketahui ada tidaknya aksesoris Tambahan
Sebenarnya ini, bukanlah penentu utama karena kita bisa membelinya secara terpisah, tapi ada baiknya kita memperhatikan hal ini agar mengurangi biaya pembelian solder, karena biasanya solder, ada yang dijual bersama spons pembersih dan ujung solder tambahan.

10 Daftar Rekomendasi Solder Terbaik
1. BHID Belle
Solder BHID Belle adalah solder dengan tegangan kerja 220V dan daya 60W, solder ini dapat diatur tingkat panasnya, Tingkat panas yang dapat diatur berkisar antara 200 hingga 500 derajat celcius. Selain itu solder ini memiliki pemanas keramik yang berkualitas dan awet.

2. Goot CS-30
Solder Goot CS-30 sudah banyak digunakan oleh para teknisi elektronika untuk mereparasi berbagai macam alat elektronika, solder ini termasuk dalam kategori yang ekonomis dan juga ringan sekitar 45 gram sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bahan pembuat solder ini berkualitas tinggi dan memiliki kabel yang cukup panjang sekitar satu setengah meter, sumber listrik yang digunakan untuk solder ini juga relatif kecil yaitu 25 watt, dan dapat menghasilkan panas hingga 420 derajat celcius.

3. Nankai
Solder nankai menggunakan sumber listrik 500 watt dan terbuat dari tembaga dan nikel yang berkualitas tinggi, solder ini juga cepat panas dan ringan untuk dibawa. Solder ini juga sudah terkenal karena keawetannya.

4. Dekko DS-40N
Solder Dekko DS-40N adalah solder buatan korea dan termasuk solder terbaik karena hemat listrik dan harganya yang ekonomis tapi memiliki material yang sangat berkualitas, produk ini memiliki konsumsi listrik yang hemat yaitu 40 watt dan tegangan kerja 220 hingga 240 volt. Peganganya terbuat dari plastik dan memiliki desain yang ergonomis sehingga nyaman digenggam.

5. Tweezer ZD 409
Solder Tweezer ZD 409 merupakan solder yang unik karena solder ini bermata dua yang cukup unik. Solder ini dirancang untuk akurasi penyolderan yang baik karena bisa mencapit komponen, pegangannya cukup nyaman digenggam dan beratnya cukup ringan. Solder ini terbilang hemat listrik yaitu 48 watt dengan tegangan kerja 230 volt.

6. Stanley Soldering Iron 30w220v Round pin
Solder Stanley ini buatan amerika dan cukup terkenal skala Internasional, banyak digunakan juga di Indonesia, Materialnya terbuat dari plastik dan logam yang berkualitas. Konsumsi dayanya juga sangat hemat yaitu 30 watt saja dengan tegangan kerja 220 volt.

7. Solder Elektrik Mini Adjustable T12 DC 12 24V 75W
Solder ini memiliki konsumsi daya 75W, konsumsi daya tersebut membuatnya cepat panas, hanya dengan waktu 7 detik saja, solder tersebut sudah mencapai panas yang tinggi, panasnya 200 sampai 400 derajat celcius . Walaupun ukurannya yang mini, solder ini tetap nyaman digunakan dan sangat ringan, dilengkapi dengan universal port dan adaptor membuatnya dapat dikoneksikan dimana saja

8. Taffware Solder Iron Adjustable Temperature 60W CS31
Untuk solder ini kita bisa mengatur suhunya antara 200 sampai 450 derajat celcius, heating yang terdapat di bagian ujungnya berfungsi untuk mempercepat aliran panasnya. Hal tersebut membuat kita harus berhati-hati saat menggunakannya supaya tidak terluka.

Untuk pembeliannya biasanya solder ini sudah paket lengkap, kita sudah mendapatkan solder, sponge, stand holder, dan berbagai macam mata tip.

9. Tekiro EL-SD1772
Solder tekiro EL-SD1772 memiliki konsumsi daya 60 watt dan tegangan kerja 220v, dengan konsumsi daya tersebut kita sudah dapat melakukan penyolderan pada beberapa material seperti kuningan, perak dan timah. Produk Tekiro satu ini juga dilengkapi dengan Tambahan karet sebagai isolator untuk meredam panas.

10. Tora Electric Iron Solder 300 watt
Solder Tora ini memiliki konsumsi daya yang besar yakni 300 watt, dengan konsumsi daya tersebut membuatnya sangat cepat panas, kayu sebagai bahan pegangannya pun sangat nyaman digenggam, beratnya pun sangat ringan sehingga tidak membuat lengan cepat pegal saat menyolder.

Sekian untuk artikel kali ini, happy a nice day...

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Merk Solder Terbaik"