7 Cara Belajar Efektif Dan Efisien, Agar Tujuanmu Tercapai

Belajar !? belajar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan berulang-ulang untuk memahami sesuatu dan menguasainya. Sebagai seorang manusia tentunya belajar adalah hal yang penting karena dengan belajar kita dapat memiliki suatu kemampuan yang bisa kita aplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan tentunya akan menjadi hal yang bermanfaat untuk diri kita sendiri.

Banyak orang belajar untuk memperbaiki kehidupannya, seperti misalnya untuk mendapatkan skill ataupun untuk lolos dari sebuah tes seperti ujian di sekolah, masuk perguruan tinggi, lolos CPNS dan lain sebagainya. Banyak tips cara belajar yang bertebaran di internet yang bisa membantu kita untuk belajar secara efektif dan efisien.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara belajar yang kami rangkum dari berbagai sumber yang bisa kalian coba untuk terapkan sebagai metode belajar kalian yang diharapkan bisa membantu kalian untuk belajar.

10 Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien Yang Layak Kamu Coba

1. Tentukan Sebuah Tujuan

Tentunya ketika belajar kita harus memiliki tujuan yang jelas agar kita bisa memiliki motivasi untuk belajar dan terus konsisten dan tetap fokus selama proses belajar kamu.

Misalnya kamu belajar untuk menguasai sebuah bahasa pemrograman web. Nah dari sini kita bisa tentukan target atau tujuan yang harus kita capai, tujuan yang kita capai tentunya akan menambah motivasi kita dalam belajar, misalnya dalam sebulan kamu harus mencapai level dimana kamu menguasai dasar dari pemrograman web yaitu HTML, kemudian dibulan kedua kamu harus menguasai CSS dan di bulan ketiga kamu harus menguasai database.

dengan menerapkan tujuan seperti itu kita akan dituntut untuk memaksakan diri atau memotivasi diri kita sendiri agar target dari hal yang kita inginkan dapat tercapai.

2. Atur Jadwal Belajar

Belajar memanglah hal yang sangat membosankan kita harus mengakui hal itu, namun tahukah kamu ? jika kita menentukan waktu untuk belajar, lama-lama kita akan terbiasa dengan hal tersebut. Misalnya kita menentukan jadwal belajar setiap jam 7 malam selama 30 menit atau 1 jam.

Dengan menentukan jadwal dan batasan kita tidak akan membuat diri kita merasa terbebani dengan aktivitas belajar dibandingkan jika kita memaksakan otak kita untuk belajar selama seharian penuh dan tentu saja dengan belajar setiap hari meskipun itu hanya 10 menit masihlah lebih baik daripada tidak belajar sama sekali.

3. Buatlah Suasana Belajar Yang Nyaman

Beda orang tentunya beda kenyamanan, ada orang yang nyaman belajar dengan tempat yang sepi untuk membuat fokus untuk belajar tapi ada juga orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik.

Dengan membuat dirimu nyaman saat belajar akan membantu kamu fokus dalam belajar dan dapat dengan mudah menyerap informasi.

4. Tulis pertanyaan tentang apa yang dipelajari

Misalnya ketika kita sedang mempelajari pelajaran lewat buku atau internet, kita bisa buat pertanyaan-pertanyaan yang nantinya kamu coba jawab untuk membantumu mengingat apa yang telah kamu pelajari.

Intinya kamu membuat sebuah ringkasan dari apa yang telah dipelajari namun dalam bentuk sebuah pertanyaan. Hal ini bisa merangsang otak kita untuk berpikir dan mengingat-ingat apa yang telah kita pelajari, dijamin deh cara ini bisa membuat kita lebih lama mengingat apa yang telah kita pelajari.

Misalnya kita belajar matematika tentang trigonometri. lalu kamu bisa membuat pertanyaan "apa rumus trigonometri ?", tanpa melihat buku kita coba jawab pertanyaan tersebut.

5. Bertanyalah

Pepatah mengatakan "diatas langit masih ada langit", mungkin kamu pernah mendengar pepatah itu. Tentunya saat kita belajar kita akan menemui kesulitan dimana kita tidak dapat menyelesaikan suatu persoalaan hanya dari diri kita sendiri, nah disinilah kita perlu bantuan dari orang yang lebih pandai atau lebih ahli dari kita agar ketika belajar tidak menjadi buntu atau salah dalam memahami sesuatu. Dengan ditemani orang lain juga bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

6. Sebarkanlah Apa yang Dipelajari

Dengan menyebarkan ilmu yang kita pelajari kita akan mengingat yang kita pelajari, karena tentunya ketika kita mengajarkan orang lain hal itu juga akan membuat kita lebih mengingat tentang apa yang telah kita pelajari, karena biasanya orang yang kita ajari akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita harus berpikir dan mengingat-ingat kembali apa yang telah kita pelajari, jadi ketika kita mengajari orang lain kita juga akan ikut belajar.

Menyebarkan ilmu juga sekarang ini lebih mudah karena tidak harus ada orang yang kita ajari, kita bisa mengupload apa yang telah dipelajari ke internet seperti misalnya youtube ataupun blog, dengan cara ini kita juga ikut beramal dalam mencerdaskan orang lain yang akan berdampak pada diri kita untuk semakin rajin dalam belajar.

7. Pantang Menyerah (Konsisten)

Tidak ada manusia yang luput dari yang namanya kegagalan ataupun kesalahan. Jika kamu gagal ataupun salah dalam mencapai target, akui itu dan terima saja karena dengan mengakui ketidak sempurnaan itu kamu akan berusaha menjadi lebih baik dan lebih keras lagi untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Thomas Edison aja bisa membuat lampu menyala karena dia selalu gagal dalam membuat sebuah lampu untuk menyala, karena dia sering gagal dan salah, dia tahu berbagai macam cara agar membuat lampu tidak menyala, dan menemukan solusi caranya membuat lampu bisa menyala.

Sekian tips belajar dari kami, semoga yang kami bagikan dapat menjadi sesuatu yang bisa kalian manfaatkan dan berguna. Terima kasih, sampai jumpa di artikel kami selanjutnya. Happy a nice day...

Posting Komentar untuk "7 Cara Belajar Efektif Dan Efisien, Agar Tujuanmu Tercapai"