10 Kebiasaan Orang Jepang yang Patut Ditiru

Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang memiliki budaya yang sangat menarik. Mulai dari makanannya ataupun tradisinya. Sifat orang jepang juga dikenal sangat bagus dan dikenal baik oleh masyarakat dunia.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi beberapa sifat orang Jepang yang layak ditiru.

10 Sifat Orang Jepang yang Layak Ditiru

1. Mencintai tradisi dan budayanya

Jepang dikenal sebagai negara yang maju dari segi teknologinya, bahkan teknologi mereka sudah tersebar ke seluruh dunia dan sudah dikenal luas sebagai produk yang sangat berkualitas dan awet. Namun meskipun mereka merupakan negara yang sangat maju, mereka tetap mencintai tradisi dan budaya mereka. Hal itu terlihat dari banyaknya festival-festival budaya yang sering mereka lakukan dan bangunan-bangunan bersejarah yang mereka miliki juga sangat masih terawat.

Awalnya mereka adalah Negara yang tertutup. Mereka mulai terbuka dengan kebudayaan Barat melalui kebijakan Restorasi Meiji. Namun mereka tetap berpengang teguh dengan tradisi dan budaya mereka, hanya hal-hal baiknya saja dari kebudayaan barat yang mereka tiru dan kembangkan.

2. Minat Baca yang Sangat Tinggi

Masyarakat Jepang sudah dibiasakan membaca buku dari sejak kecil, di sekolah, mereka dibiasakan membaca bacaan ringan selama 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. 

Didalam transportasi umum juga mereka selalu terlihat membaca, seolah-olah membaca merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi mereka. Tingkat baca mereka bahkan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

3. Sudah Diajarkan Mandiri Sejak Kecil

Sedari kecil masyarakat Jepang sudah diajarkan mandiri. Mereka terbiasa diajarkan oleh orang tuanya untuk mencuci peralatan makannya dan merapikannya. Mereka juga sudah dibiasakan untuk sopan dan tertib sejak kecil.

4. Pekerja Keras dan Gigih

Orang Jepang terkenal sebagai orang yang penuh dedikasi dan pekerja keras. Mereka terbiasa menghabiskan waktu di tempat kerja. Mereka percaya bahwa orang yang pulang malam adalah orang yang pekerja keras. Para orang tua di jepang akan bangga kepada anaknya yang pulang malam karena bekerja.

5. Memiliki Rasa Malu yang Sangat Tinggi

Masyarakat Jepang memiliki rasa malu yang sudah membudaya. Ketika berbuat kesalahan mereka akan merasa malu dan merasa bertanggung jawab. Contohnya ketika seorang pejabat disana melakukan sebuah kesalahan mereka tidak segan untuk mengundurkan diri.

6. Sopan Santun

Tingkat kesopanan di jepang sangat tinggi, mereka selalu menjaga sopan Santun mereka di tengah masyarakat. Misalnya saja ketika di sebuah ruangan ketika mereka ingin buang angin mereka akan pergi keluar dahulu. Jika ada orang yang buang angin sembarangan mereka akan menganggap mereka tidak sopan dan memiliki etika yang buruk.

7. Lebih Memilih Kendaraan Umum Ketimbang Kendaraan Pribadi

Meskipun Jepang terkenal sebagai salah satu Negara produsen kendaraan, tapi masyarakat Jepang umumnya memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus. Hal tersebut membuat transportasi umum disana menjadi berkembang dan sangat nyaman.

Salah satu yang menjadi alasan masyarakat Jepang lebih memilih kendaraan umum. Dikarenakan untuk kendaraan pribadi disana biaya untuk lahan parkirnya sangat mahal dan biaya pajak kendaraan juga sangat tinggi.

8. Bersepeda ke Sekolah

Meskipun menjadi negara penghasil kendaraan. Anak muda di Jepang cenderung lebih memilih bepergian menggunakan sepeda dibandingkan menggunakan motor atau mobil. Sangat berbanding terbalik dengan Indonesia yang pergi kemana-mana harus menggunakan motor. Hal tersebut bisa kita tiru, selain menyehatkan, bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara.

9. Tidak Berisik Ketika Berada di Kendaraan Umum

Mengobrol atau bertelepon dengan suara yang tinggi mungkin sering kita jumpai di Indonesia. Namun di Jepang Kita tidak akan menemukan suasana seperti itu. Ketika berada di kendaraan umum seperti kereta di sana akan terasa sunyi dan tidak ada yang mengobrol. Mereka biasanya cenderung diam atau membaca.

10. Sangat Mencintai Kebersihan

Pada perhelatan Piala dunia kemarin para supporter Jepang membersihkan sampah-sampah yang ada di Stadion. Sudah menjadi hal yang sangat biasa bagi orang Jepang untuk membersihkan lingkungan. Hal itu terbukti dengan Negara mereka yang sangat bersih, bahkan selokan-selokan di sana airnya jernih dan kita bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang.

Dari 10 pemaparan diatas adalah hal-hal yang patut kita contoh, agar negara kita bisa menjadi lebih baik kedepannya. Kita tidak perlu minder jika tidak bisa sekaligus menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, namun kita hanya perlu sedikit-sedikit menerapkan kebiasaan yang baik, nanti lama kelamaan kita akan terbiasa dan dapat menyebarkannya ke orang lain.

Posting Komentar untuk "10 Kebiasaan Orang Jepang yang Patut Ditiru"