10 Rekomendasi Jurusan SMK Yang Mudah Dapat Kerja

Sekolah selain sebagai sarana belajar ataupun bersilaturahmi dengan teman sebaya, sekolah juga menjadi salah satu sarana untuk mempersiapkan masa depan. Salah satu sekolah untuk mempersiapkan siswanya untuk bekerja adalah SMK.

SMK merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. SMK adalah sekolah dimana mata pelajarannya difokuskan untuk mempersiapkan siswanya bekerja. Walaupun difokuskan untuk bekerja tapi siswanya juga bisa melanjutkan untuk kuliah.

Banyak jurusan-jurusan yang tersedia di SMK yang bisa kita pilih, dengan banyaknya pilihan pastinya membuat orang tua ataupun calon siswa yang kebingungan untuk menentukan jurusan yang tepat untuk dimasuki.

Tentunya sebagai orang tua pastinya ingin anaknya bersekolah di jurusan yang berkualitas dan memudahkan anaknya untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi jurusan SMK yang banyak dibutuhkan perusahaan sehingga saat lulus mudah mendapatkan pekerjaan.

10 Rekomendasi Jurusan SMK Yang Mudah Dapat Pekerjaan

1. Teknik Mesin

Peluang pekerjaan untuk lulusan teknik mesin sangat luas, karena banyak pabrik-pabrik yang membutuhkan operator produksi untuk produk mereka, selain menjadi operator, lulusan jurusan teknik mesin juga bisa menjadi seorang teknisi di bidang manufaktur, otomotif, dirgantara dan masih banyak lagi.

Di jurusan teknik mesin, kita akan belajar cara membubut, mengebor, mengelas, teknik produksi mesin, perancangan mesin Dan pemeliharaan mesin.

2. Tata Busana

Lulusan jurusan ini peluangnya sangat banyak selain menjadi karyawan di pabrik pakaian, lulusan jurusan ini juga peluangnya sangat besar untuk berwirausaha.

Di jurusan ini kita akan diajari mengenali jenis bahan pakaian, membuat pola, mendesain pakaian, menjahit pakaian dan lain sebagainya.

3. Pariwisata

Dengan kondisi alam di Indonesia yang memiliki banyak sekali tujuan wisata, tentu hal tersebut membuat perusahaan pariwisata dan hotel mendasi berkembang, dan pastinya hal tersebut berdampak dengan dibutuhkan ya banyak pegawai yang mengerti atau kompeten dalam hal perhotelan, manajemen tour dan travel, dan manajemen destinasi wisata.

4. Film dan Televisi

Lulusan jurusan ini sekarang ini sedang berkembang, dengan kemajuan internet yang sangat maju, tentu saja berdampak pada kemajuan dunia perfilman dan pertelevisian. Dan pastinya akan membutuhkan banyak pegawai untuk bekerja di bidang ini.

Di jurusan film dan televisi, kita akan belajar tentang tata artistik, pengarahan acara, penulisan naskah, manajemen produksi televisi dan lain sebagainya.

5. Farmasi

Dunia kesehatan sudah pasti menjadi bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu karena setiap orang menginginkan tubuh yang sehat dan obat-obatan. Tentu saja perusahaan-perusahaan farmasi membutuhkan banyak karyawan yang paham mengenai tentang obat-obatan.

Di jurusan farmasi kita akan belajar cara membuat obat, meracik obat, mencampur obat, bahkan kita akan dibekali cara memasarkan obat.

Peluang karir untuk jurusan ini juga sangat beragam, diantaranya : bekerja di instansi kesehatan, industri kosmetik, industri obat-obatan, bekerja di rumah sakit, bekerja di badan pengawasan obat dan makanan (BPOM) dan masih banyak lagi.

6. Teknik Informatika

Dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang komputer, tentu saja lulusan teknik Informatika akan sangat dibutuhkan. Banyak sekali profesi yang bisa diisi oleh para lulusan jurusan ini, diantaranya : application developer, information security analyst dan masih banyak lagi ragamnya.

7. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Dengan perkembangan internet, jurusan ini menjadi sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi web designer, animator, illustrator dan desain grafis.

8. Arsitektur

Lulusan jurusan ini memungkinkan kita memiliki profesi sebagai quantity surveyor, kontraktor, peneliti di bidang urban development, dan konsultan arsitektur.

Di jurusan ini kita akan belajar tentang rancangan konstruksi dan desain bangunan yang melingkupi fungsi bangunan (utilitas), estetika bangunan (venuntas), dan kekuatan bangunan (firmitas).

Ilmu yang kita pelajari di SMK jurusan ini juga bisa menjadi landasan yang bagus saat kita melanjutkan kuliah di jurusan arsitektur.

9. Akuntansi

Lulusan jurusan ini memiliki banyak peluang profesi seperti bekerja di bidang perbankan, ahli keuangan akuntan, dan konsultan pajak.

Di jurusan ini kita akan belajar tentang pasar modal, kredit dan debit, pembukuan, dan berbagai bentuk transaksi keuangan seperti mencatat, mengelola hingga menyajikan data.

10. Administrasi Perkantoran

Di jurusan ini kita akan belajar tentang hal yang terkait administrasi perkantoran, seperti : pendataan, pengarsipan, korespondensi, perencanaan dan lain sebagainya.

Peluang kerja dari lulusan ini diantaranya sekretaris, staf administrasi, general affairs, hingga staf legal.

Daftar yang diatas adalah beberapa rekomendasi beberapa jurusan SMK yang bisa kalian jadikan referensi untuk menentukan jurusan SMK yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan kalian, daftar diatas hanya sebagai rekomendasi dan tidak ada paksaan untuk memilihnya, semuanya tergantung keputusan pribadi masing-masing. Sekian untuk postingan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Happy a nice day...

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Jurusan SMK Yang Mudah Dapat Kerja"