18 Rekomendasi Film Perang Terbaik Yang Penuh Perjuangan Dan Pengorbanan

Perang merupakan hal yang sangat mengerikan dan menakutkan, perang merupakan salah satu hal yang dihindari banyak orang, meskipun begitu perang tetap saja terjadi. Hal ini dikarenakan oleh perbedaan ideologi ataupun karena beberapa orang merasa hak-haknya diambil paksa oleh orang lain.
Banyaknya perang yang terjadi di dunia nyata, menginspirasi beberapa orang untuk membuat film tentang kejadian tersebut. Film tentang perang mempunyai daya tarik tersendiri yang membuatnya memiliki banyak penggemar. Mulai dari pertempuran yang epik dan pesan moral yang disajikan dalam film-film bergenre perang.

Jika kalian mencari judul film bertemakan perang, pada artikel kali ini kami akan membagikan beberapa film perang terbaik yang bisa kalian jadikan tontonan dikala senggang.

Rekomendasi Film Perang Terbaik Yang Penuh Perjuangan dan Pengorbanan

1. Greyhound (2020)

Rekomendasi yang pertama dari kami yaitu greyhound, film yang satu ini berhasil memenangkan penghargaan pada kategori best sound di piala oscar pada tahun 2021. Film ini merupakan adaptasi dari novel best seller berjudul The Good Shepherd karya C.S Forester, film ini disutradarai oleh Aaron Schneider. Film ini memiliki rating 7/10 di IMDb dan 78% di rotten Tomatoes. Rilis pada tanggal 10 Juli 2020.

Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, film ini ceritanya berfokus pada seorang komandan angkatan laut Amerika Serikat bernama Ernest Krause yang diberi tugas untuk menggunakan kapal perang bernama Greyhound untuk mengawal kapal perang kecil berlayar mengarungi laut atlantik pada era perang dunia ke 2. Namun kapal selam angkatan laut jerman menyerang kapal ini saat sedang berlayar di tengah laut. 

2. Fury (2014)

Rekomendasi selanjutnya adalah fury, film ini memiliki rating 7,6/10 di IMDb dan 76% di rotten tomatoes ,film ini bercerita tentang peperangan yang terjadi pada perang dunia ke 2. Cerita dalam film ini tentang para tentara yang menaiki tank M4A3E8 yang dinamai "Fury", mereka memiliki sebuah misi untuk menyerang jantung pertahanan musuh menggunakan tank tersebut, kemudian karena tank tersebut terkena banyak sekali serangan membuat tank tersebut mogok, dan para tentara yang menaiki tank tersebut tidak memilih mundur namun tetap bertahan menghalau musuh agar tidak menembus pertahanan mereka, adegan baku tembak pada film ini sangat seru dan epik. Fokus pada film ini berfokus pada seorang tentara Amerika bernama wardaddy yang diperankan oleh Brad Pitt.

3. Darkest Hour (2018)

Film darkest hour memiliki jalan cerita yang sayang banget jika kalian lewatkan, cerita pada film ini sangat seru. Cerita pada film ini memiliki unsur politik dan ketegangan di dalamnya, film ini berfokus pada seorang karakter perdana menteri Inggris bernama Winston Churchill yang dihadapkan pada pilihan yang sulit apakah mereka harus berdamai atau melanjutkan peperangan dengan Jerman yang ketika waktu itu dipimpin oleh seorang pemimpin bernama Adolf Hitler, film ini memiliki latar waktu tahun 1940 pada saat perang Britania Raya.

4. Downfall (2004)

Film downfall ini juga layak masuk dalam daftar rekomendasi film perang terbaik, film ini menggunakan Bahasa Jerman dan Rusia, film ini masuk kategori film berbahasa asing terbaik di nominasi Oscar pada tahun 2005.

Film ini mengisahkan tentang Adolf Hitler selama kehidupan 10 hari terakhirnya menjadi pemimpin Nazi. Film Downfall sendiri mengisahkan tentang perang dunia ke 2 pada peristiwa Battle of Berlin. Kisah Adolf Hitler sendiri diceritakan oleh Traudl Junge yang merupakan sekretaris pribadinya.

5. Life Is Beautiful (1997)

Film yang satu ini bercerita tentang kisah kehangatan dan perjuangan keluarga yang pastinya akan membuat kalian merasa sangat terharu.

Film yang satu ini menceritakan tentang kejadian pada perang dunia ke 2 ketika Nazi mulai melakukan pembersihan terhadap orang-orang yahudi yang ada di Italia pada tahun 1944. Di film ini kita akan melihat perjuangan seorang ayah untuk menjaga keselamatan anaknya.

6. Where Hands Touch (2018)

Jika kalian mencari film romantis yang dibalit dengan peperangan, film yang satu ini mungkin akan kalian sukai. Film yang satu ini ceritanya berfokus pada kisah cinta terlarang antara Lutz, pemuda Hitler yang seorang anak pejabat tinggi dengan Leyna yang seorang gadis Afro Jerman. Cerita pada film ini memiliki latar belakang perang dunia ke 2 di Kota Berlin.

7. Stalingrad (2013)

Film yang satu ini juga sangat layak masuk ke dalam salah satu daftar rekomendasi perang terbaik, di film ini kalian tidak hanya akan menyaksikan ketegangan dari peperangan yang terjadi tapi di film kali ini kalian juga akan menyaksikan kisah romansa.

Di film kali ini ceritanya berfokus pada sekelompok tentara Rusia yang berjuang mempertahankan sebuah bangunan penting dari serangan tentara Jerman, tak lama mereka bertemu dengan 2 wanita yang belum sempat mengungsi dan kisah romansa mereka pun terjalin.

8. 12 Strong (2018)

Pada film ini Bercerita tentang 12 orang tentara yang mengemban tugas negara. Mereka adalah pasukan khusus angkatan darat Amerika Serikat yang dikirim ke Afghanistan setelah kejadian serangan 11 September.

Di film ini kita akan menyaksikan berbagai macam ketegangan seperti harapan dan kesedihan. Film yang satu ini merupakan adaptasi dari buku non fiksi yang berjudul Doug Stanton Horse Soldiers.

9. A Hidden Life (2019)

Film yang satu ini juga sangat seru untuk ditonton. Film yang satu ini memiliki latar belakang perang dunia ke 2. Cerita pada film ini berfokus pada karakter seorang pria yang menolak bergabung dengan Nazi untuk berperang, pria tersebut bernama Franz. Dikarenakan dia menolak bergabung akhirnya dia mendapatkan kekejaman dan siksaan dari para tentara Nazi. Sebelum perang dunia ke 2 terjadi, Franz diketahui memiliki keluarga yang bahagia, dia berpikir mengapa harus ada pembunuhan dan peperangan terhadap orang-orang yang tidak bersalah dan tidak tahu menahu tentang konflik yang terjadi.

10. Da 5 Bloods (2020)

Film yang satu ini juga layak menjadi salah satu rekomendasi film perang terbaik, film garapan netflix ini rilis pada tanggal 12 Juni 2020 dan disutradarai oleh Spike Lee. Film ini bercerita tentang 4 orang veteran perang vietnam, mereka kembali ke negara asalnya, disana mereka mencari harta karun yang pernah mereka sembunyikan dan jasad komandan pasukannya. 

11. Midway (2019)

Film yang satu ini bercerita tentang pertempuran yang terjadi saat perang dunia ke 2, pertempuran terjadi di tengah laut dalam medan perang pasifik antara angkatan laut Amerika Serikat dan Jepang. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata, film ini disutradarai oleh Ronald Emmerich dan tayang pada tanggal 8 November 2019. 

12. 1917 (2019)

Cerita pada film ini berfokus pada karakter 2 orang tentara Inggris yang diberi misi spesial untuk memperingati pasukan Inggris tentang rencana serangan Jerman. 2 Tentara tersebut adalah Schofield yang diperankan oleh George Mackey dan Blake yang diperankan oleh Dean Charles Chapman. Film yang satu ini rilis pada tanggal 4 Desember 2019 dan disutradarai oleh Sam Mendes.

13. Dunkirk (2017)

Sebagai penikmat film perang pastinya kalian akan menyukai film yang satu ini, film ini menyuguhkan pertempuran yang sangat epik yang terjadi pada perang dunia ke 2, film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1904, film ini memiliki genre sejarah, drama dan aksi, tayang pertama kali pada tanggal 21 Juli 2017 dengan sutradara Christopher Nolan.

Dunkirk menceritakan tentang upaya penyelamatan tentara Inggris yang sedang terdesak oleh pihak Sekutu pada perang dunia ke 2.

14. Hacksaw Ridge (2016)

Jika kalian mencari film perang yang lain dari biasanya, kalian mungkin akan menyukai film yang satu ini, film ini ceritanya berfokus pada karakter seorang warga amerika serikat penganut agama kristen yang sangat taat bernama Desmond Doss, dia dikenakan wajib militer yang mengharuskannya terjun ke pertempuran pada perang dunia ke 2, namun dia bersikeras untuk tidak memegang senjata, melukai atau membunuh musuhnya, di dalam pertempuran dia hanya mengangkut dan menyelamatkan orang yang terluka untuk diobati. Film ini sangat penuh dengan pesan moral yang sangat seru. Film ini rilis pada tanggal 4 November 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibsen.

15. The Hurt Locker (2009)

Film yang satu ini juga layak untuk masuk daftar rekomendasi film perang terbaik. Film ini menceritakan peperangan yang terjadi di Irak, ketika Amerika melakukan agresi militer kesana. Film ini ceritanya berfokus pada karakter bernama William James yang diperankan oleh Jeremy Renner yang memimpin kelompok tentara Amerika di Irak. Cara memimpin James ketika perang hingga pensiunlah yang membuat film ini menjadi seru dan layak ditonton.

16. Letters From Iwo Jima (2006)

Film yang satu ini juga layak menjadi salah satu pilihan tontonan film perang terbaik, film ini rilis pada tanggal 9 Desember 2006 memiliki rating 7,3/10 di IMDb dan 91% fi rotten tomatoes ,film ini menceritakan tentang perjuangan mati-matian tentara jepang dalam mempertahankan wilayahnya dari serangan tentara Amerika Serikat. Kisah dari film ini diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada perang dunia ke 2 di mana Amerika Serikat menyerang pangkalan militer Jepang yang ada di pulai Iwo Jima.

Meskipun film ini disutradarai oleh Clint Eastwood yang merupakan sutradara asal Amerika Serikat, film ini menggunakan berbahasa Jepang.

17. The Pianist (2002)

Film selanjutnya adalah the pianist, meskipun judulnya tidak menggambarkan tentang peperangan tapi nyatanya film ini adalah film perang dengan latar belakang perang dunia ke 2, film ini memiliki cerita yang menyentuh dan menegangkan, film ini merupakan adaptasi dari novel karya Wladyslaw Szpilman yang disutradarai oleh Roman Polanski. Film ini menceritakan tentang sisi lain dari invasi Jerman ke Polandia pada perang dunia ke 2. Film ini rilis pada tanggal 6 Desember 2002 dan memiliki rating 8,2/10 di IMDb dan 95% di Rotten Tomatoes.

Film ini menceritaka. musisi terkenal Polandia bernama Wladyslaw yang menghadapi berbagai kesulitan karena ia kehilangan kontak dengan keluarganya.  Saat situasinya menjadi lebih buruk, dia bertahan hidup dengan bersembunyi di reruntuhan Warsawa.

18. Pearl Harbor (2001)

Sebagai pecinta film perang pastinya kalian sudah tahu tentang film ini, film ini merupakan salah satu film Hollywood bertema perang yang sangat terkenal, film ini merupakan film perang yang mengisahkan tentang serangan tentara jepang kepangkalan militer Amerika Serikat di pearl harbor. 

Selain menceritakan tentang perang, film ini juga memiliki kisah romansa di dalamnya, karena mengisahkan perseteruan antara dua orang teman bernama Rafe dan Danny yang memperebutkan cinta seorang wanita bernama Evelyn.

Film ini disutradarai oleh Michael Bay yang dirilis pada tanggal 25 Mei 2001, film ini memiliki rating 6,2/10 di IMDb dan 24% di rotten tomatoes.

Posting Komentar untuk "18 Rekomendasi Film Perang Terbaik Yang Penuh Perjuangan Dan Pengorbanan"