Constructor pada C++ | Belajar C++ 35 | Tutorial C++ 35

Halo sobat, di artikel kali ini kami akan membagikan tutorial mengenai constructor pada pemrograman c++, yuk simak artikel kami ini.

Apa itu Constructor ?

Pada pemrograman C++, constructor adalah sebuah method spesial yang secara otomatis akan dipanggil jika sebuah object dari class dipanggil.

Untuk membuat constructor caranya sama seperti kita membuat fungsi namun yang membedakannya adalah constructor haruslah menjadi bagian dari class.

Untuk membuat sebuah constructor, kita harus menggunakan nama yang sama seperti nama class, diikuti oleh tanda kurung () :

Contoh Program 1 : Cara Membuat Constructor

#include <iostream>

using namespace std;

class kelasKu{

public:        

    kelasKu(){ 

        cout << "Halo dunia!";

    }

};

int main(){

    kelasKu objekKu; 

    return 0;

}

Hasil Contoh Program 1

Penjelasan Contoh Program 1

  1. Pada baris 5 kita membuat class dengan nama kelasKu, pada baris 7 kita membuat constructor dengan nama kelasKu, di baris 8 kita akan mencetak teks "Halo dunia!" pada console.
  2. Pada baris 13 kita membuat object dari class kelasKu dengan nama objekKu yang secara otomatis akan memanggil constructor kelasKu yang telah kita buat.

Catatan: Constructor memiliki nama yang sama seperti class, dan selalu bersifat public, dan juga tidak memiliki nilai return.

Parameter Constructor

Constructor juga bisa memiliki parameter seperti pada fungsi biasa yang dapat berguna untuk mengatur nilai inisial dari atribut.

Pada contoh berikut class memiliki atribut merk, model dan tahun, dan constructor dengan parameter berbeda. Di dalam constructor kita mengatur atribut yang sama dengan parameter constructor (merk=x, model=y, dan tahun =z). Ketika kita memanggil constructor (dengan membuat sebuah object dari class), kita melewatkan parameter ke constructor, yang mana akan mengatur nilai atribut yang sesuai menjadi sama :

Contoh Program 2 : Parameter Pada Constructor

#include <iostream>
using namespace std;

class motor{
public:
    string merk;
    string model;
    int tahun;
    motor(string x, string y, int z){
        merk = x;
        model = y;
        tahun = z;
    }
};

int main(){
   
    motor motorObj1("Honda", "Beat", 2023);
    motor motorObj2("Yamaha", "Mio", 2021);

    cout << motorObj1.merk << " " << motorObj1.model << " " << motorObj1.tahun << "\n";
    cout << motorObj2.merk << " " << motorObj2.model << " " << motorObj2.tahun << "\n";
    return 0;
}

Hasil Program 2

Penjelasan Program 2

  1. Pada baris 4 kita membuat class dengan nama motor, pada baris 6 sampai baris 8 kita membuat atribut dengan nama merk, model dengan tipe data string dan tahun dengan tipe data integer.
  2. pada baris 9 kita membuat constructor dengan nama motor dengan parameter x, y bertipe data string dan z bertipe data integer. Pada baris 10 sampai baris 12 kita menginisialisasi atribut merk, model dan tahun sama dengan parameter x, y dan z.
  3. Pada baris 18 kita membuat object dari class motor dengan nama motorObj1 dan mengisinya dengan Honda, Beat, 2023 untuk dimasukkan pada atribut class motor yang sama dengan parameter constructor.
  4. Pada baris 19 kita membuat object dari class motor dengan nama motorObj2 dan mengisinya dengan Yamaha, Mio, 2021 untuk disimpan pada atribut class motor yang sama dengan parameter constructor.
  5. Pada baris 21 dan baris 22 kita mencetak pada console nilai dari object motorObj1 dan motorObj2 yang mana kita telah isi pada atribut merk, model dan tahun.

Constructor Di Luar Class

Seperti halnya fungsi, constructor dapat juga didefinisikan diluar class. Pertama, deklarasikan konstruktor di dalam class, dan kemudian definisikan diluar class dengan menentukan nama dari class, diikuti oleh operator scope resolution ::, diikuti oleh nama dari konstruktor (yang sama seperti class):

Contoh Program 3 : Membuat constructor diluar class

#include <iostream>
using namespace std;

class motor{
    public:
    string merk;
    string model;
    int tahun;
    motor(string x, string y, int z);
};

motor::motor(string x, string y, int z){
    merk = x;
    model = y;
    tahun = z;
}

int main(){
    motor motorObj1("Honda", "Beat", 2023);
    motor motorObj2("Yamaha", "Mio", 2021);
    
    cout << motorObj1.merk << " " << motorObj1.model << " " << motorObj1.tahun << "\n";
    cout << motorObj2.merk << " " << motorObj2.model << " " << motorObj2.tahun;
    
    return 0;
}

Hasil Program 3

Penjelasan Contoh Program 3

  1. Pada baris 4 kita membuat class dengan nama motor. Pada baris 6 sampai baris 8 kita membuat atribut merk dan model bertipe data string dan atribut tahun dengan tipe data integer.
  2. Pada baris 9 kita mendeklarasikan constructor dengan nama motor dengan parameter x,y bertipe data string dan z bertipe data integer.
  3. Di baris 12 kita mendefinisikan contructor di luar class dengan nama yang telah kita deklarasikan di dalam class yaitu motor.
  4. Pada baris 13 hingga baris 15 kita menginisialisasi atribut merk, model dan tahun sama dengan parameter constructor motor yaitu x, y dan z.
  5. Di baris 19 dan baris 20 kita membuat object untuk class motor dengan nama motorObj1 dan motorObj2 dan mengisi nilai parameternya.
  6. Di baris 22 dan baris 23 kita mencetak pada console nilai dari motorObj1 dan motorObj2.

Itulah pembahasan artikel kali ini mengenai constructor pada C++ dari kami semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, happy a nice day...

Posting Komentar untuk "Constructor pada C++ | Belajar C++ 35 | Tutorial C++ 35"