Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Encapsulation Pada C++ | Belajar C++ 37 | Tutorial C++ 37

Assalamualaikum sobat, di artikel kali ini, kami akan membahas tentang encapsulation pada C++ dimulai dari apa itu encapsulation dan contoh prgram encapsulation. Yuk simak tutorial dari kami.

Apa Itu Encapsulation ?

Encapsulation bisa diartikan sebagai cara untuk menyembunyikan data yang sensitif dan memastikannya tersembunyi dari user. Untuk melakukan encapsulation, kita harus membuat atribut dan variabel dari class tidak dapat diakses dari luar class atau private. Untuk dapat memodifikasi atau mengakses anggota class yang private, kita bisa menggunakan method public get dan set.

Cara Mengakses Anggota Yang Private

Untuk dapat mengakses atribut yang private, kita bisa menggunakan method public get dan set.

Contoh Program 1 : Mengakses anggota private

#include <iostream>
using namespace std;

class pegawai{
    private:
    int gaji;
    
    public:
    void setgaji(int g){
        gaji = g;
    }
    int getgaji(){
        return gaji;
    }
};

int main(){
    
    pegawai objKu;
    objKu.setgaji(75000);
    cout << objKu.getgaji();
    
    return 0;
}

Hasil Contoh Program 1

Penjelasan Contoh Program 1

  1. Pada baris 5 kita menggunakan access specifier private yang artinya class pegawai, anggotanya tidak dapat diakses dari luar class.
  2. Pada baris 8 sampai baris 14 kita menggunakan method public get dan set yang membuat atribut private pada class pegawai dapat diakses dari luar class ini.
  3. Pada baris 19 kita membuat object untuk class pegawai dengan nama objKu 
  4. Di baris 20 kita mengisi nilai 75000 pada method setgaji, yang mana parameter setgaji yaitu g nilainya sama dengan atribut gaji.
  5. Di baris 21 kita menampilkan pada console nilai dari getgaji yang mana method getgaji akan mengembalikan nilai dari gaji.

Kenapa Menggunakan Encapsulation ?

  • Dengan menggunakan encapsulation akan membuat data yang kita miliki mempunyai kontrol yang lebih baik, karena dengan menggunakan encapsulation kita bisa mengubah salah satu bagian dari kode tanpa mempengaruhi bagian kode yang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mendeklarasikan atribut class menjadi private dapat dianggap sebagai praktik yang baik.
  • Dengan menggunakan encapsulation dapat meningkatkan keamanan dari data yang kita miliki.
Sekian untuk tutorial encapsulation pada C++, semoga artikel kali ini dapat membantu kalian untuk memahami tentang encapsulation, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Happy a nice day...

Posting Komentar untuk "Encapsulation Pada C++ | Belajar C++ 37 | Tutorial C++ 37"