Inheritance pada C++ | Belajar C++ 38 | Tutorial C++ 38

Assalamualaikum sobat, pada artikel kali ini kita akan belajar inheritance pada C++, inheritance merupakan fitur yang sangat penting pada pemrograman berorientasi objek.

Inheritance pada C++

Apa itu inheritance ? Dalam pemrograman C++, kita diperbolehkan untuk mewariskan method atau atribut dari satu class ke class lainnya. Terdapat 2 kategori konsep inheritance yaitu : 
  • Derived class / class turunan (anak) - class yang mewarisi dari class lain.
  • Base class / class dasar (induk) - class yang mewarisi.
Dengan menggunakan simbol : kita dapat mewarisi suatu class.

Dalam contoh program di bawah ini, kita membuat class anak bernama motor yang akan mewarisi method dan atribut dari class induk bernama kendaraan.

Contoh program 1 : Cara menggunakan inheritance

#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;

class kendaraan{
    public:
    string merk = "Honda";
    void klakson(){
        cout << "kriing, kriing ! \n";
    }
};

class motor : public kendaraan{
    public:
    string tipe = "Beat";
};

int main(){
    motor motorKu;
    motorKu.klakson();
    
    cout << motorKu.merk + " " + motorKu.tipe;
    return 0;
}

Hasil Program 1

Penjelasan Program 1

  1. Pada baris 6 sampai baris 12 adalah class induk yang kita buat bernama kendaraan, di class ini kita membuat atribut merk dengan nilai "Honda" dan method bernama klakson() yang akan mencetak teks "kriing, kriing !" pada console.
  2. Pada baris 15 hingga baris 18, kita membuat class turunan dari class kendaraan dengan nama motor, di baris 17 kita membuat atribut dengan nama tipe yang memiliki nilai "Beat".
  3. Pada baris 21 kita membuat object untuk class motor dengan nama motorKu, pada baris 22 kita memanggil atribut klakson() yang akan menampilkan teks "kriing, kriing !" pada console 
  4. Pada baris 24 kita mencetak pada console nilai dari atribut merk dan atribut tipe.

Kapan dan mengapa kita menggunakan "Inheritance" ?

Inheritance sangat bermanfaat untuk penggunaan kembali method dan atribut dari class yang sudah ada ketika kita membuat class yang baru. Jadi kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengetik ulang kode yang telah kita buat sebelumnya.

Nah itulah tutorial C++ mengenai inheritance, pada intinya dengan menggunakan inheritance kita dapat membuat class anak yang dapat mengambil method dan atributnya dari class induk. Jadi ketika kita membuat objek dari class anak, kita bisa memakai seluruh atribut dan method dari class induk tanpa harus memanggil class induknya. Sekian untuk postingan kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya...




Posting Komentar untuk "Inheritance pada C++ | Belajar C++ 38 | Tutorial C++ 38"